PERTUMBUHAN HEWAN


Coba perhatikan gambar ayam di bawah. Bagaimana pertumbuhan yang terjadi pada ayam?

Ayam tumbuh dari telur. Telur menetas menjadi anak ayam. Anak ayam tumbuh makin besar. Anak ayam terus berkembang hingga dewasa. Semua hewan mengalami pertumbuhan. Namun pertumbuhan hewan berbeda-beda. Ada hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk. Adapula hewan yang mengalami perubahan bentuk. Pertumbuhan ayam tidak mengalami perubahan bentuk. Anak ayam sudah menyerupai induknya. Lama kelamaan anak ayam menjadi dewasa. Begitu juga dengan kucing, kambing, dan burung.

Hewan-hewan tersebut tidak mengalami perubahan bentuk. Ada hewan yang mengalami perubahan bentuk. Contohnya katak. Telur katak menetas menjadi berudu. Berudu hidup di dalam air. Setelah beberapa lama, berudu mulai menyerupai katak. Perubahan bentuk tubuh ini disebut metamorfosis. Hewan lain yang mengalami metamorfosis adalah kupu-kupu.

Mengapa sayap kupu-kupu terlihat indah?

Sayap kupu-kupu berwarna-warni. Sayap kupu-kupu terlihat indah. Pada sayapnya terdapat sisik yang berwarna-warni. Sisik ini berderet rapat. Warna kupu-kupu banyak macamnya. Kupu-kupu dengan warna sama berarti sejenis. Sisik sayap kupu-kupu tembus cahaya.

Sumber :

Amin, Choirul dan Priyono, Amin, 2009, Ilmu Pengetahuan Alam 3 : untuk SD dan MI Kelas III, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, h. 31 – 32.

About these ads