KEGUNAAN BENDA


Pelajaran pertama hari ini di kelas Dani adalah olahraga. Dani lupa membawa seragam olahraga. Akan tetapi Dani tetap mengikuti olahraga. Ia mengenakan baju seragam sekolah. Beruntung saja guru olahraganya mengizinkan. Setelah berolahraga, teman-teman Dani ganti baju seragam. Hanya Dani yang tidak berganti baju. Dani terlihat tidak nyaman. Ia merasa gerah, gatal, dan bau. Dani tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Mengapa demikian? Siapa saja yang rugi?

Bagaimana jika baju seragam sekolahmu terbuat dari plastik ? Plastik bukan bahan yang cocok untuk pakaian. Bahan pakaian yang tepat adalah kain. Mengapa demikian? Mari kita pelajari lebih lanjut. Perhatikan gambar di bawah ini.

Apakah kegunaan benda-benda pada gambar di atas? Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya. Sekarang kamu akan belajar kegunaan benda. Semua benda di sekitar berguna. Bendabenda tersebut memudahkan dan membuat nyaman hidup kita. Setiap saat kita menggunakan beragam benda. Kita menggunakan gayung untuk mengambil air. Kita menggosok gigi dengan sikat gigi. Kita menggunakan sabun untuk membersihkan badan. Kita mengelap air di tubuh dengan handuk.

Ibu memasak menggunakan berbagai peralatan masak. Kompor digunakan untuk memanaskan makanan. Makanan diletakkan di atas penggorengan. Ibu membutuhkan minyak goreng. Kemudian makanan dibawa ke meja makan. Kamu ke sekolah mengenakan baju seragam. Kamu juga memakai kaus kaki dan sepatu. Kamu membawa tas sekolah dan alat tulis. Baju melindungi tubuh kita dari panas dan angin. Kaus kaki membuat kaki terasa nyaman. Kaki menjadi tidak lecet saat mengenakan sepatu. Sepatu melindungi kaki kita. Kaki menjadi aman dari kerikil dan benda tajam.

Kita berangkat ke sekolah menggunakan kendaraan. Kendaraan mempercepat perjalanan. Kendaraan ada bermacammacam. Ada sepeda, sepeda motor, bus, dan mobil. Guru menulis di papan tulis. Papan tulis dibuat lebar dan dicat hitam. Guru menulis dengan kapur tulis. Kapur tulis berwarna putih. Tulisan dengan kapur tulis mudah dilihat. Tulisan ini mudah dihapus. Penghapus papan tulis berbeda dengan penghapus pensil.

Sumber :

Amin, Choirul dan Priyono, Amin, 2009, Ilmu Pengetahuan Alam 3 : untuk SD dan MI Kelas III, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, h. 73 – 74.